5 Album The Beatles Terbaik (WAJIB KOLEKSI !!)


Siapa yang tidak kenal band satu ini? Ya, The Beatles. Band tahun 60-an yang dibentuk oleh sang frontman John Lennon ini sangat fenomenal pada masanya, entah itu albumnya maupun kontroversinya. Orang-orang sampai saat ini mungkin masih menganggap musik The Beatles hanya musik "ngik ngok" yang tidak jauh dari soal percintaan seperti yang dikatakan Presiden pertama kita, Ir. Soekarno. Namun sebenarnya jika anda mengikuti perkembangan musik The Beatles sepanjang tahun 60-an ini pasti akan sadar bahwa The Beatles tidak hanya bermain musik, namun mereka juga merealisasikan idenya terhadap musik, sehingga inovatif. Berikut akan saya bahas 5 album The Beaatles yang wajib untuk dikoleksi.

5. Please Please Me (1963)
Please Please Me merupakan album The Beatles yang pertama. Sebagai album debut, album ini sangat polos dalam menyuguhi lirik percintaan ala anak muda seperti pada lagu P.S I Love You dan Love Me Do. Mereka bermain musik dengan aman, namun album yang kental nuansa rock n roll ini sangat catchy dan mudah dinikmati bagi siapapun juga. I Saw Her Standing There membuat kita ingin bergoyang, sampai Twist and Shout yang membius kita untuk berjoget. Beberapa mengatakan album ini sangat lemah dibanding album beatles lainnya, namun album ini sangat enjoyable dari track 1 - terakhir. Chessy yet enjoyable!

Track favorit : Misery, Chains, Twist And Shout


4. Rubber Soul (1965)
Setelah merilis beberapa album yang "still sound the same", mereka mulai berani bereksplorasi dalam musik pada album Rubber Soul. Nampaknya album ini merupakan jembatan ke album berikutnya yang penuh eksplorasi. Masih mengandalkan lagu-lagu catchy yang enjoyable seperti Drive My Car, Nowhere Man, dsb. Lirik-liriknya pun menunjukkan progress. Seperti pada lagu Michelle dan In My Life yang sangat emosional. Adapun mereka memainkan sitar pada lagu Norwegian Wood. Keseluruhan album ini terasa lebih tenang dibanding Please Please Me dan penuh akustik. Semua track sungguh harmonis dan nyaris tiada cacat. Harmonious and cool!

Track favorit : Michelle, You Won't See Me, Run for Your Life


3. Sgt. Peppers Lonely Hearts Club Band (1967)
Kritikus mengatakan album ini merupakan album terbaik The Beatles karena album ini sangat inovatif dan paling berpengaruh. Saya pribadi kurang setuju, atau memang saya kurang "klik" dengan album ini. Saat pertama kali mendengarkan, mungkin agak kurang enjoy kecuali 3 track pertamanya. Album ini bukan tipe catchy saat pertama kali didengar. Namun perlahan tumbuh ketertarikan pada album ini dan setelahnya album ini akan menjadi candu yang tidak membosankan. Inovasi musik pada album ini terbukti pada track Getting Better, Fixing a Hole, Lovely Rita. Adapun pengaruh musik india pada lagu Within You Without You hingga suara hewan pada Good Morning Good Morning. Keseluruhan album ini terasa menyihir dengan suara-suara yang tidak biasa. Magical and fun!

Track favorit : Getting Better, Being for Benefit of Mr. Kite, Lovely Rita


2. Abbey Road (1969)
Pernah melihat cover album ini? Ya, cover ini sangat ikonik. Lupakan sejenak mitos tentang Paul Mccartney yang telah meninggal dunia yang ada kaitannya dengan cover album ini. Inilah sebuah mahakarya Beatles! Album ini dibuka oleh track anthematic Come Together. Dilanjut dengan Something yang lembut, Maxwell Silver Hammer dan Octopus Garden yang unik. Adapun track progresif I Want You yang berdurasi 7 menit, balada akustik keren Here Comes The Sun. Satu lagi yaitu Abbey Road Medley (track 10-17) dimana tiap track bersatu mengalir seakan tanpa jeda. Keseluruhan album ini memang penuh lagu catchy, namun tentu tidak membosankan. Semua track tiada cacat, dikemas dengan urutan yang sangat baik. Aneh rasanya jika hanya mendengarkan satu atau beberapa track dari album ini, seakan Abbey Road adalah kesatuan dari kumpulan lagu yang indah yang menyihir siapapun juga pendengarnya. Classic and enjoyable!

Track favorit : Something, Octopus Garden, I Want You


1. Revolver (1966)

Disinilah puncak kematangan musik The Beatles. Berkat keanekaragaman pada tiap-tiap lagunya, album ini seakan memiliki tempat sendiri dibanding album lainnya. Beberapa lagu bahkan memiliki narasi kecil pada liriknya, Yellow Submarine misalnya. Atau sebuah protes atas kebijakan pajak di Inggris pada lagu Taxman yang sangat unik sekaligus menjadi pembuka album. Adapun harmonisasi biola pada lagu Eleanor Rigby, atau vokal John Lennon yang seakan mengantuk pada I'm Only Sleeping, ada juga balada menyentuh Here, There, and Everywhere. Lagi-lagi pengaruh musik india terdapat pada track Love Yo Too. Ada juga lagu yang membuat suasana hati jadi ceria seperti She Said, She Said dan Good Day Sunshine. Album ini diakhiri oleh track Tomorrow Never Knows yang terdengar sungguh aneh dan unik. Keseluruhan album menurut saya sungguh bervariasi, unik dan lebih inovatif dibanding Sgt. Peppers. Sesuai judul albumnya, album ini merupakan yang terkuat. Unique and strong!

NB : Saat mendengarkan album ini, disarankan menggunakan headset/headphone supaya efek pada tiap lagunya bisa terdengar maksimal.

Track favorit : Taxman, I'm Only Sleeping, She Said,She Said

1 komentar:

  1. I really like this article, if you have the time and opportunity to play with us Syair Togel , thank you very much for the place

    BalasHapus