REVIEW ALBUM : Radiohead - Kid A

Inilah album yang digadang-gadangkan sebagai album terbaik di era 2000-an. Yeah that's Kid A!
Album buatan salah satu band ternama di dunia yakni Radiohead. Sebelumnya, Radiohead sudah banyak menghasilkan hits seperti lagu Creep, High & Dry, Karma Police dsb. Album sebelumnya "OK Computer" juga banyak didaulat sebagai album terbaik Radiohead. Namun, Kid A adalah album yang beda dan revolusioner dimana mereka menggunakan banyak sentuhan musik electro dan hilangnya alunan nyaring gitarnya. Dan nyatanya itu sangat berhasil menjadi karya yang terasa something strange yang nyaman dalam telinga.

Baiklah kita ulas track demi track di album ini..

  1. Everyting In Its Right Place : Semua pasti terkejut dengan lagu ini apalagi di track pertama. Bagi pendengar awam, lagu yang penuh alunan keyboard dan vokal terdistorsi ini terdengar sangat asing namun setelah itu pasti akan menjadi candu.
  2. Kid A : Lagu yang sangat keren! Masih dengan vokal yang terdistorsi seperti robot, dan alunan keyboard dengan sentuhan elektro hingga musiknya yang mengalun dramatis. Personally, ini track favorit saya.
  3. The National Anthem : Satu lagi lagu eksperimental namun tanpa alunan vokal robotic. Lagu ini mengalun lebih keras dari track sebelumnya dan terasa membakar semangat!
  4. How To Disapperar Completely : Merupakan balada akustik yang mengalun dengan pelan. Liriknya tentang sang vokalis Thom Yorke yang sedang mengalami tekanan saat tur.
  5. Tree Fingers : Lagu ini menurut saya tidak terlalu penting karena hanya berisi instrumental. Jika lagu ini merupakan interlude, seharusnya tidak perlu berdurasi panjang hingga hampir 4 menit.
  6. Optimistic : Setelah banyak melakukan eksperimen, lagu ini masih bisa dikategorikan lagu standar Radiohead. Lagu rock ini mengalun seakan memberi semangat. Bagian akhirnya juga akan menyambung pada intro track berikutnya.
  7. In Limbo : Lagu yang cukup keren dengan alunan musik yang sebenarnya agak membosankan karena terkesan repetitif.
  8. Idioteque : Satu lagi sebuah masterpiece eksperimental dari Radiohead. Lagu dance ini memilikki alunan beat yang membuat kecanduan untuk bergoyang.
  9. Morning Bell : Merupakan lagu yang indah. Alunan musiknya hingga vokalnya yang diberi efek pada beberapa bagian terdengar nyaman di telinga.
  10. Motion Picture Soundtrack : Dimulai dengan intro yang terasa berkesan gelap sampai pada akhir lagu tetap terasa gelap. Lagu ini semakin terdengar indah di saat alunan kecapi datang pada second verse lagu ini.
Overall, tidak salah jika memang album ini dinobatkan sebagai Album Radiohead yang terbaik maupun Album paling berpengaruh.  Ingin mendengarkan nuansa musik yang gila? Kid A lah jawabannya!

0 komentar:

Posting Komentar